Senin, 31 Desember 2018

KECERDASAN BUATAN

assalamualaikum, wr.wb.
balik lagi bersama saya, hehehe
smoga teman teman masih dalam keadaa sehat wal afiat.

ok.
langsung aja
saya akan menjelaskan apa itu kecerdasan buatan / artificial intelegence
.

Artificial intelegence atau kecerdasan buatan adalah sesuatu buatan tiruan yang mampu menyelesaikan bahkan berpikir seperti otak manusia dalam menyelesaikan masalah.

beberapa pakar seperti
Scalkoff (1990)
Artificial Intelegence: Bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proses komputasi.

Rich & Knight (1991)
Artificial Intelegence : Studi tentang cara membuat komputer melakukan sesuatu yang sampai saat ini orang dapat melakukannya lebih baik

Luger dan Stubblefield (1993)
Artificial Intelegence : Cabang ilmu komputer yang berhubunagn dengan otomasi perilaku yang cerdas

Haag dan Keen (1996)
Artificial Intelegence : Bidang studi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan, dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia

Winston & Prendergast ( Turban, Mc Lean. Wheterbe, 1999) mengungkapkan bahwa tujuan AI meliputi :
1. Membuat mesin lebih berguna
2. Memahami kecerdasan, dan
3. Membuat mesin lebih pintar


O’Brien  (2001) menyebutkan attribut prilaku cerdas antara lain
1.Berfikir dan bernalar.
2.Memakai penalaran untuk memecahkan persoalan.
3.Menyerap dan menerapkan pengetahuan.
4.Memperlihatkan kreatifitas dan imajinasi.
5.Bekerja dengan situsaiyang kompleks dan membingungkan.
6.Melakukan tanggapan dengan cepat dan berhasil terhadap situsai baru.
7.Mengenali elemen-elemen yang relatif pentingdalam suatu situasi.
8.Menangani informasi yang rancu, tak lengkap, atau salah.


Perbandingan Kecerdasan buatan dan kecerdasan manusia
Menurut Kaplan, sebagaimana diutarakan oleh
Turban, McLean, dan Wetherbe (1999, hal. 478),
Kelebihan AI terhadap kecerdasan alami
(manusia) sebagai berikut

1.Artificial Intelegence bersifat konsisten dan teliti.
2.Artificial Intelegence dapat didokumentasi.
3.Artificial Intelegence  lebih bersifat permanen.
4.Artificial Intelegence menawarkan kemudahan untuk digandakan atau disebarkan.
5.Artificial Intelegence dapat lebih murah daripada kecerdasan alami.

Kecerdasan Manusia:
1.selalu mempunyai rasa kreatif / inovasi
2.Menggunakan pengalaman dengan berbagai kemampuan panca indra secara langsung
3.Memiliki tingkat keahlian yang luas dari awal maupun sampai ahli.


Bidang bidang Aplikasi Artificial Intelegence
1.Membantu melaksanakan pencarian dan atau suatu pola berdasarkan jumlah data yang sangat besar.
2.Menagani informasi yang berlebihan (dengan cara melakukan pengikhtisaran atau 3.menginterpretasian informasi).
4.Membantu menyelesaikan masalah yang tidak dapat dipecahkandengan cara konvensional.
5.Membantu menyelesikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang jelas
6.Meningkatkan produktivitas dan melakukan banyak tugas.
7.Membuat aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai.
8.Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten.

Penerapan Artificial Intelegence
1.Deep Blue, program game catur.
2.Logic Theorist, membuktikan teori prinsip matematika.
3.SYSTRAN, program penterjemaah bahasa.
4.Parkir mobil otomatis atau mobil mengemudi dengan sendirinya

O’Brien (2001) mengelompokan domain aplikasi utama AI seperti terlihat pada gambar sebagai berikut























pengolahan bahasa alami Adalah bidang AI yang berurusan dengan pemahaman bahasa manusia (Inggris, Jepang,Indonesia, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komputer
mampu menerjemaahkan dari bahasa satu ke bahasa lainnya ,seperti atavista, google translate dan lain lain.

dalam visi komputernya Adalah suatu bidang AI yang berurusan dengan pengenalan terhadap suatu objek dan kemudia digunakan untuk pengambilan keputusan.

Dalam dunia industri, visi komputer dapat digunakan untuk melakukan otomasi terhadap kegiatan pengendalian kualitas produk. Dengan cara seperti ini produk yang cacat dan yang baik dapat dipisahkan oleh mesin.


Pengenalan Percakapan Adalah suatu proses yang memungkinkan komputer dapat mengenali suara. Teknologi ini membuat khayalan yang membuka pintu gua dengan suara dapat diwujudkan.
Penerapannya yaitu pengetikan dokumen melaui suara dan untuk analisa suara dalam pembelajaran bahasa asing. Untuk menentukan kata oleh seseorang sesuai dengan penutur asli atau tidak.


Penerapan Pengenalan Percakapan
Perusahaan Scandinavian Airlines : Menjawab permintaan informasi tentang reservasi & jadwal dan bahkan mampu menangani keluhan tentang bagasi.

Perusahaan Citibank : Memberikan berbagai informasi kepada pemegang kartu.
Perusahaan Hospital Corporation of America : Mengirimkan dan menerima data pasien dengan singkat.
Perusahaan Weidner Insurance : Melaksanakan riset pemasaran & telemarketing.
Perusahaan mobil : Mengaktifkan radio pemanas dan lain-lain dengan suara.


Robotika



Robot adalah peranti elektromekanik yang dapat diprogram untuk
melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan 
manusia. 

sISTEM PAKAR 
Sistem pakar adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian)
seseorang sesorang dalam tetrtentu dalam menyelesaikan
suatu permasalahan (Horn, 1986). Menurut Weiss dan 
Kulikowski (1984), sistem pakar adalah sistem yang :

Menangani masalah-masalah kompleks dan nyata, yang memerlukan inter pretasi seorang pakar.
Menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan menggunakan model komputer yang memekai penalaran manusia ahli dan menghasilkan kesimpulan yang sama dengan kesimpulan yang akan dicapai manusia ahli jika menghadapi masalah masalah yang sama.


beberapa katagori sistem pakar
katagori
Interpretasi: Memberikan deskripsi terhadap suatu situasi melalui pengamatan
Prediksi : Perkiraan terhadap akibat dari suatu situasi
Diagnosis : Pendugaan terhadap suatu kesalahanatau gangguan sistem melaui pengamatan
Perancangan : Melakukan konfigurasi objek berdasarkan kendala yang ada
Perencanaan : Pembuatan rencana untuk mencapai sasaran
Pemantauan : Melakukan pembandingan antara pengamatan dan rencana
Debugging : melakukan pemecahan terhadap suatu permasalahan
Reparasi : melakukan perbaikan
inttruksi : melakukan diagnosis, debugging, dan pembetulan kinerja pada sistem pembelajaran
kontrol : melakukan pengendalian terhadap suatu sistem.















Logika Kabur
Logka kabur (fuzzy logic) adalah suatu teknik yang
digunakan untuk menangani ketidakpastian pada masalah
masalah yang memiliki banyak jawaban. Teknik ini
dikembangkan oleh Lotfi A. Zadeh pada tahun 1965 .

Beberapa contoh aplikasi logika kabur
Pengontrol kereta bawah tanah di Sendai, Jepang.
Pengatur mekanisme otofokus pada kamera dan camcoder dan untuk menghilangkan gangguan karena tangan yang gemetar.
Sistem pengereman mobil (Nissan).
Penghematan konsumsi daya listik pada AC (Mitsubishi Heavy Industries, Tokyo).
Pemilihan saham.


Jaringan saraf (neurall network), terkadan disebuat artifcial neural
network / AAN atau komputasi saraf (neural computing), adalah suatu
bidang AI yang meniru pola pemrosesan dalam otak manusia yang
berbasiskan pada pengenalan pola. Dalam prakteknya, jaringan saraf
tidak sekompleks yang terjadi pada otak manusia.

berbagai aplikasi AAN
Validasi tanda tangan. Data mining (yaitu menemukan pola pada sekumpulan data yang besar).Pengenalan wajah. Pemilihan saham dan obligasi.

Algoritma Genetika 
Algoritma Genetika atau komputeasi adaptif/adaptive 
computing diperkenalkan pertamakali oleh John H. Holland 
pada tahun 1975. Beliau adalah seorang profesor psikolgi
dan ilmu komputer di Universitas Michigan.
Algoritma Genetika adalah suatu pendekatan yang meniru kemampuan 
mahluk hidup dalam beradaptasi dengan lingkungan sehingga 
terbentuk proses evolusi untuk mengatasi masalah dengan lebih baik.

Cara yang digunakan antara lain :

Mutasi : Mencoba kombinasi proses secara acak dan mengevaluasi hasilnya.
Crossover : Mengombinasikan bagian dari hasil yang baik dan harapannya.
Seleksi : pemilihan proses yang baik.

Cntoh aplikasi algoritma genetika
Para insinyur di General Electic menggunakannya untuk merancang mesin pesawat terbang berturbin jet, yang melibatkanpersamaan-persamaan dengan kurang lebih 100 variable dan 50 kekangan (Laudon dan Laudon, 1998, hal. 578).
Departemen psikologi di New Mexico City University mengembangkan Algoritma Genetika untuk menidentifikasitersangka berdasarkan gambar rekaan dari saksi (Haag, Cummings,dari Dawkins, 2000, hal. 207).


Aspek dalaam hal lain
Cyborg
Adalah campuran antara mesin dan mahluk hidup dengan kata lain manusia yang dipasangi peralatan elektronik misal alat pemacu jantung.
Dimasa mendatang, Cyborg dapat berupa :bakteri yang dilekatkan pada chip komputer untuk memetakan komputan,serangga pendeteksi senjata kimia,otak binatang pengerat / tikus untuk identifikasi obat baru.

Artificial Life
Adalah bidang studi yang mempelajari dan memahami kehidupan biologis dengan cara melakukan perpaduan dengan bentuk kehidupan buatan. Diperkenalkan pertama kali oleh Chris Langton.

Pembelajaran Mesin
 Adalah sistem yang secara otomatis dapat meningkatkan kinerjanya melalui pengalaman. Contoh adalah permainan dam yang diciptakan olehAL. Samuel(1959).Program ini dapat belajar cara mengalahkan pembuatnya maupun orang lain.

seputar kuliah di




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tugu mac arthur

halo teman teman.  udah lama ga mosting nih sibuk banget soalnya sekarang cuma mau upload aja nih.  upload foto yang pernah saya ku...